Memiliiki kulit yang sehat, lembut dan cantik tentu menjadi dambaan setiap orang. Tapi seringkali kondisi kulit kita berubah karena banyak faktor yang menyebabkan kulit tidak sehat dan cenderung kering. Bahkan jika kondisi kulit kering terlalu parah bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Jika Anda ingin mengatasi kulit kering, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab kulit kering agar dapat menghindarinya.

Cara Mengatasi Kulit Kering

Salah satu penyebab dari dalam tubuh kita yang mengakibatkan kulit kering adalah berkurangnya minyak alami dari permukaan kulit kita. Kondisi ini bisa terjadi karena kurangnya asupan makanan bernutrisi atau kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu perawatan kulit yang salah juga dapat menyebabkan kulit kering.

Tindakan perawatan yang umum dilakukan pada kulit kering adalah penggunaan bodylotion atau pelembab kulit agar kondisi kulit kering lebih teratasi dan banyak mengonsumsi air putih. Namun biasanya penggunaan bodylotion atau pelembab ini hanya memberikan efek lembab sementara pada kulit dan akhirnya kulit menjadi kering kembali.

Untuk mengembalikan kondisi kulit yang sehat dan lembab, ada banyak perawatan kulit yang bisa Anda lakukan selain menggunakan pelembab. Salah satunya adalah jenis perawatan alami yang bisa Anda lakukan sendiri, tidak membutuhkan keahlian dan dana yang besar. Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kering secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Buah Alpukat, pisang dan pepaya

Buah alpukat, pisang dan pepaya terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan serat tinggi yang baik untuk sistem pencernaan. Dan ternyata ketiga buah ini bisa menjadi perawatan yang kecantikan yang baik untuk mengatasi masalah kulit kering.

Anda bisa menggunakan buah alpukat, pepaya dan pisang ini sebagai masker alami kulit untuk mengatasi masalah kulit kering. Caranya sangat mudah, campur ketiga buah matang ini menjadi satu lalu haluskan hingga membentuk pasta.

Kemudian oleskan pada bagian tubuh yang memiliki kulit kering secara merata, Anda bisa mengoleskannya di leher, wajah, kaki, tangan, siku, lutut atau daerah kulit lain sesuai keinginan Anda. Setelah dioleskan merata, biarkan selama 15 menit agar khasiatnya meresap. Terakhir bilas dengan air sampai bersih dan lakukan dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Apel

Buah yang sangat populer ini juga dikenal dapat meremajakan kulit, sehingga kulit tetap sehat. Buah apel mengandung zat kalium dan tannin yang bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit tidak akan mudah kering dan tetap bersinar.

Untuk menjaga atau mengatasi kulit kering, Anda bisa menggunakan buah apel sebagai bahan utama perawatan kulit kering. Caranya sangat mudah, cukup parut apel dan oleskan hasil parutan ke bagian kulit yang kering. Diamkan selaam 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin hingga bersih.

Timun

Buah timun memiliki kandungan zat yang bagus untuk kesehatan kulit. Hal itu pula alasan mengapa banyak produk kecantikan yang menggunakan timun sebagai bahan utamanya. Jika Anda mengalami masalah kulit kering, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli produk kecantikan. Anda hanya perlu menggunakan hasil parutan timun untuk mengatasinya, oleskan pada bagian kulit yang kering. Kemudian diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Kuning telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh maupun kulit. Telur seringkali digunakan sebagai bahan perawatan kulit atau rambut. Jika Anda mengalami masalah kulit, Anda bisa memanfaatkan telur sebagai perawatan kecantikan alternatif untuk mengatasi masalah kulit kering.

Cara mengatasi kulit kering dengan kuning telur cukup mudah, campurkan masing-masin 1 sendok teh kuning telur, madu dan susu bubuk kemudian aduk sampai rata. Oleskan campuran ini ke bagian kulit yang kering secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo

Madu

Madu memang dikenal sebagai bahan herbal yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Madu juga populer digunakan sebagai pelembab alami, yang artinya dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering. Tidak hanya itu, manfaat madu juga dapat mengatasi kulit kering dan membantu mencerahkan kulit.

Cara mengatasi kulit kering dengan madu, campurkan setengah sendok teh madu dengan sedikit aiir mawar. Usapkan campuran ke area kulit yang kering, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.

Minyak almond

Selain madu, minyak almond juga bisa dijadikan alternatif untuk Anda yang ingin memiliki kulit cantik dan bebas kering. Caranya sangat mudah, cukup oleskan sedikit minyak almond ke area kulit yang kering. Gunakan minyak almond sebelum mandi.

Jeruk nipis

Buah dengan cita rasa asam ini memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan kulit. Selain dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami, jeruk nipis juga berguna untuk membersihkan kulit sehingga kulit terlihat lebih cerah.

Untuk digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering, campurkan air perasan jeruk nipis dengan daging buah alpukat yang sudah dihaluskan. Oleskan secara merata pada bagian kulit yang kering dan diamkan selama 20 menit. Terakhir bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Nah itulah beberapa tips cara mengatasi kulit kering yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga dengan cara di atas, masalah kulit kering Anda bisa cepat teratasi dan kulit Anda menjadi semakin sehat.