Misteri Candi Borobudur –¬†Berbincang mengenai Candi Borobudur, jelas tidak akan ada habisnya. Sebab candi Buddha terbesar di Indonesia dan di dunia ini memang banyak sekali menyimpan misteri yang belum bisa di pecahkan bahkan hingga saat ini. Banyak dari para ilmuwan dan peneliti mencoba untuk memecahkan misteri-misteri dari Candi Borobudur, namun hasilnya sangatlah sulit. Satu contoh saja yakni mengenai pembangunan Candi Borobudur. Wisata Borobudur memang merupakan wisata yang menarik. Mengingat sejarah yang ada di dalamnya, juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Terlebih lagi, harga tiket Borobudur juga tergolong sangatlah murah.

Misteri Candi Borobudur

Menurut data sejarah, candi yang diakui UNESCO sebagai cagar budaya dunia ini dibangun dari tahun 760 Masehi s/d 830 Masehi. Artinya, Candi Borobudur ini di bangun selama kurang lebih 70 Tahun, jelas waktu yang sangat lama. Jika di zaman modern seperti ini membangun candi seperti ini jelas bukanlah sebuah kesulitan yang berarti. Sebab teknolgi saat ini dapat memudahkan kita membentu bebatuan sesuai dengan keinginan kita.

Sekarang bayangkan ketika di zaman dulu kala saat memahat batu secara tradisional, masyarakat Buddha sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta sanggup membangun puluhan candi, relief, serta patung Buddha di Candi Borobudur. Lalu, waktu 70 tahun jelaslah waktu yang singkat untuk dapat membangun bangunan sebesar ini.

Misteri bagaimana masyarakat dulu membangun Candi Borobudur ini juga belum terpecahkan hingga saat ini. Namun bukan itu saja misterinya gaess. Berikut ini kami rangkum beberapa misteri dan mitos Candi Borobudur :

Kunto Bimo
Jika kamu pernah berkunjung ke Candi Borobudur, pasti pernah mendengar mitos Kunto Bimo. Nama itu sebutan untuk orang yang ingin menyentuh Arca di dalam stupa-stupa di Candi Borobudur. Mitosnya, siapa yang bisa menyentuhnya maka akan terkabul keinginannya.

Struktur Bangunan Candi
Di zaman dahulu belum ada yang namanya semen, beton, atau bahan bangunan lainnya yang memiliki daya tahan yang tinggi. Namun Candi Borobudur memiliki keunikan tersendiri karena hanya berbentukkan susunan batu. Meski di sinyalir tidak ada perekat diantara batu, namun daya tahan candi ini sangat luar biasa. Dibangun dari tahun 8 Masehi, di terpa berbagai macam gempa dari Gunung Merapi tak membuat candi ini runtuh. So, adakan penunggu Candi Borobudur hingga saat ini?

Sumber : updateharga.web.id