Jika Anda pernah mendengar objek wisata di Magelang, mungkin candi Borobudur akan segera jadi paling utama. Itu wajar karena Candi Borobudur adalah situs warisan yang sangat bersejarah dan merupakan salah satu keajaiban dunia.

Namun, tahukah anda bahwa ada banyak tempat wisata di Magelang selain candi Borobudur yang menunggu anda untuk menjelajah?

Tengok saja, disini saya sudah memasukkan beberapa tempat wisata di kota yang mungkin tidak Anda kenal, mulai dari tempat bersejarah hingga destinasi yang unik dan menarik.

1. Candi Borobudur

Siapa yang tidak tahu objek wisata di hutan yang paling bersejarah ini? Ya, Candi Borobudur.

Candi Borobudur adalah tempat jutaan umat Budha dari seluruh dunia berkumpul untuk merayakan pesta raya. Pada hari itu, Borobudur akan dibanjiri dengan umat Budha dan wisatawan. Seperti yang Anda tahu bahwa hari waisak merupakan daya tarik utama bagi wisatawan, karena pada hari itu banyak ritual unik akan dilakukan.

Salah satu pelancong yang paling ditunggu saat menerbangkan ribuan lentera yang akan menghias langit dengan cahaya. Selain sebagai tempat berkumpulnya umat Budha dari seluruh dunia, borobudur juga dikenal sebagai monumen monumen terbesar di dunia dengan nilai sejarah tinggi dan telah diakui oleh dunia.

Di sini Anda akan ditemani ribuan panel relief di sepanjang dinding kuil yang akan memberi tahu Anda tiga tingkat kehidupan Buddhis (Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu).

Selain nilai sejarahnya, Candi Borobudur juga terkenal dengan keindahan dan keunikan bangunan. Karena candi itu hanya dibangun dari batu set sedemikian rupa. Maka tidak mengherankan bila Candi Borobudur selalu dibanjiri turis domestik dan mancanegara setiap hari.

Alamat: Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
Harga Masuk: Rp 30.000 (untuk orang dewasa) atau Rp 12.500 (untuk anak-anak).

Anda dapat berkunjung ke sini setiap saat karena candi borobudur buka setiap hari termasuk hari libur dengan jam kerja dari pukul 06:00 sampai 17:00.

2. Rumah Kamera

Sekilas Anda sudah bisa menebak mengapa bangunan ini disebut rumah kamera, pastinya sangat jelas karena rumah ini persis sama dengan kamera dslr. Hanya dengan ukuran yang sangat besar. Pemilik rumah adalah ayah dari Tanggol Angien Jatikusumo, atau lebih dikenal dengan pamannya.

Dia adalah pelukis dari Semarang yang telah lama tinggal di Bali, dan mengapa Mr. Tanggol membuat rumah berbentuk kamera?

Baginya, kamera merupakan objek yang perlu dirawat dan dicintai dan dia berpikir untuk membangun kamera home-hit. Karena keunikan rumah Tanggol dalam bentuk kamera dslr berukuran besar ini, tempat ini mulai menarik perhatian publik.

Kini, tempat ini dikenal banyak orang dan beberapa pengunjung berkunjung setiap hari ke rumah kamera hanya untuk melihat bangunannya secara langsung karena penasaran dengan keunikannya.

Di dalamnya, Anda akan menemukan gambar menarik dari Ayah. Atau bisa dibilang, rumah kamera adalah galeri gambar lukisan ayahnya. Setelah puas dengan foto tim Tanggol, Anda juga bisa menuju ke puncak gedung atau lebih tepatnya di bagian atas bangunan lensa kamera. Di sana Anda bisa melihat sekeliling desa dengan jelas.

Alamat: Jalan Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.
Harga Masuk: Rp 5.000 per orang.

3. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah lokasi terbaik untuk menyaksikan matahari terbit, dari atas bukit setinggi 400 meter di atas permukaan laut Anda bisa menikmati candi borobudur yang indah di pagi hari.

Dengan udara yang sejuk, Anda bisa memanjakan mata sejenak sejenak untuk merenungkan matahari terbit dari setting set yang menakjubkan.

Di masa lalu, tempat ini adalah wilayah Tapi cerpennya, setelah seorang fotografer berhasil mengambil gambar matahari terbit yang menakjubkan di Borobudur, orang mulai tertarik menyaksikan indahnya terbitnya matahari dari tempat ini.

Jika Anda tidak ingin melewatkan matahari terbit yang indah dari titik setel, sebaiknya pukul 05:00 Anda berada di puncak bukit ini.

Setelah mencapai puncak bukit, Anda harus berjalan kaki 15 menit dari tempat parkir di kaki bukit. Ini berarti Anda harus berangkat setidaknya 20 menit sebelum jam 5 pagi.

Alamat: Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang.
Harga Masuk: Rp 15.000 / orang saja.

 

Referensi lain : https://mymenarik.com